Sunday, March 13, 2016

Penjelasan Dribble - Passing - Shooting

3:49:00 AM // by Rahmat //



PENJELASAN TENTANG DRIBBLE, PASSING, DAN SHOOTING






1.                   Dribble


Membawa bola dengan dipantul-pantulkan dengan satu tangan yang dilakukan dengan berjalan atau berlari. Dribble


Dribble adalah teknik paling dasar dari permainan bola basket. 4ntukdapat mendribble bola dengan baik& skill tersebut harus terus dilatih&karena kemampuan dribble yang baik akan berdampakpada penguasaan  bola yang baik.


Macam-Macam Dribble yaitu :


1.       Change of pace Dribble


 Dribble ini adalah yang paling umum dalam bolabasket dan digunakan untuk membuat pemain bertahan berfikir bahwa pelaku dribble akan memperlambat atau mempercepat tempo dribble./.


2. Low or control Dribble


Dribble ini adalah yang paling umum dalam bolabasket dan digunakan untuk membuat pemain bertahan berfikir bahwa pelaku dribble akan memperlambat atau mempercepat tempo dribble.


3. High or speed Dribble


ketika pemain berada di lapangan terbuka dan harus bergerak secepatnya denganbola& maka ia akan menggunakan dribble ini. 3etika berlari dengan cepat& pemain akan mendorong bola di depannya dan membiarkannya melambung ke atas setinggi pinggulnya. 9angan yang mendribble tidak berada di atas bola melainkan di belakang bola.




2.                   Passing


Passing atau operan adalah memberikan bola ke kawan dalam permainan bola basket. Cara memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.


Dalam menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap boka di depan dada.




Jenis Jenis Passing :
1.Bounce Pass
2.Chest Pass
3.Overhead Pass
4.Baseball Pass
5.Behind the back pass


3. Shooting


Shooting atau tembakan yang dimaksud adalah menembakkan bola ke jaring dari belakang garis hukuman dengan jarak 4.70 meter. Secara teknis, kunci pokok keberhasilan dalam melakukan tembakan adalah pola gerakan (dasar mekanika) shooting tersebut. Dasar mekanika dalam melakukan tembakan, menurut Hal Wissel (1996:46) antara lain, “pandangan, keseimbangan, posisi tangan, pengaturan siku, irama tembakan, dan pelaksanaannya”.